Healthy life starts here. . .
 
Kali ini saya ingin menyajikan fakta dan referensi bagi anda yang mencari bahan pangan apa yang banyak mengandung vitamin A. Mari simak saja artikel berikut ini.
Makanan kaya akan vitamin A
1. Hati Ayam
Picture
Urutan pertama bahan pangan yang banyak mengandung vitamin A, adalah hati ayam. Tentu hal ini mungkin mengejutkan bagi anda. Hati ayam dapat dipanggang, direbus, digoreng, ataupun dimakan mentah (asbeh nayeh atau sawda naye) pada masakan Libanon. Hati ayam mengandung 1490-9126 mikrogram RAE dan mengandung kalori sebanyak 134-235.

Perlu diwaspadai bila mengkonsumsi hati ayam. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi hati adalah menetralkan racun dan mengandung banyak darah. Bila tidak hati-hati dalam memilih hati ayam yang masih baik, maka kita dapat terserang penyakit yang diderita oleh ayam.


Penelitian yang dilakukan oleh Tian, J., et al, 2012 menemukan adanya virus Hepatitis B pada hati ayam dan serum darah. Sehingga marilah berhati-hati bila mengkonsumsi makanan yang satu ini.

2. Jus Wortel

Picture
Segelas jus wortel mengandung vitamin A sebanyak 1692 mikrogram RAE, dan 71 kalori. Jus wortel mengandung β-carotene, yang merupakan pro-vitamin A. Di dalam tubuh, β-carotene akan diubah menjadi Vitamin A. Tetapi perlu diwaspadai bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar β-carotene yang tinggi dapat menyebabkan carotenoderma.

Carotenoderma merupakan penyakit dimana kulit menjadi bewarna orange. tetapi penyakit ini hanyalah sementara. Meminum lebih dari 3 gelas jus wortel dalam 24 jam dalam menyebabkan penyakit
carotenoderma.



3. Ubi Jalar

Picture
Dari warna ubi jalar yang bewarna kuning sudah jelas bahwa ubi jalar mengandung banyak β-carotene dan antosianin (pigmen bewarna kuning) seperti wortel. Untuk mendapatkan nilai gizi yang maksimal dari ubi jalar, ubi jalar diolah dengan cara dikukus atau direbus.

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang membandingkan ubi jalar yang direbus dan dipanggang. Ternyata ubi jalar yang direbus memiliki kadar zat antosianin yang lebih tinggi, dan nilai Glycemic Index yang lebih rendah. Nilai Glycemic Index yang rendah menandakan bahwa kemampuan ubi jalar untuk menaikkan kadar gula dalam darah adalah rendah.

Pengaruh dari pengukusan dapat menonaktifkan enzim peroxidase yang dapat merusak antosianin. Antosianin merupakan zat yang penting karena merupakan antioksidan dan anti-radang. Ubi jalar kupas panggang mengandung 1096 mikrogram RAE dan 103 kalori.


Itulah 3 bahan pangan yang paling banyak mengandung vitamin A. Bila anda membutuhkan vitamin A yang banyak, anda bisa memilih satu dari ketiga bahan pangan di atas. Selalu ingat bahwa mengkonsumsi apapun terlalu banyak juga tidak terlalu baik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

JKMM

Sumber:

Tian, J.; Xia, K.; She, R.; Li, W.; Ding, Y.; Wang, J.; Chen, M.; dan Yin, J. 2012. Detection of Hepatitis B virus in serum and liver of chickens. Virology Journal 2012, 9:2
http://en.wikipedia.org/wiki/Carrot_juice
http://whfoods.org/genpage.php?dbid=64&tname=foodspice
 


Comments




Leave a Reply


View My Stats